Manipulate

April 9, 2013 § 2 Comments

Akhirnya aing nulis lagi, di tengah kuliah yg lagi mencapai klimaks, di tengah tulisan ‘Mendadak Jogja’ yang ga beres-beres sampai TIGA BULAN ini, dan di tengah pencarian seorang wanita pendamping hidup yang tak kunjung datang.

Tau kan klo kalian jalan-jalan ke tempat baru kita bakal nemuin banyak hal baru? Kemarin malam aing seakan-akan jalan-jalan, padahal ga kemana-mana, yo mondok neng Bandung ae. Ini dia..

Minggu malam, anak-anak UT makan di The Kiosk Dago, di sana aing belajar, belajar makan ronde yang baik dan benar, sesuai EYD! Awal ceritanya si Vonya, pakar ronde dari UT, ngasih tau klo di sana ada ronde yang terkenal se-Bangdung raya gitu, ronde Alkateri. FYI tempat ronde Alkateri yang asli ada di Jalan Alkateri, Bandung. Klo dari Asia-Afrika itu belok kanan, deket kantor pos. Nah lanjut, trus aing pesan itu ronde dan Vonya si pakar ronde ngajarin aing makan ronde yang super shahih, yaitu lo makan ronde yang besarnya terlebih dahulu, trus nikmati isi kacangnya sembari makan ronde yang kecilnya. NIKMAT! Dominasi kacang yang pecah dari si ronde besar tiba-tiba ternetralisir dengan adanya si ronde kecil, gue nangis saking enaknya. Ini pas banget kayak lo jalan-jalan ntah ke negeri mana, dijamu warga setempat, dikenalin dan diajarin cara makan kuliner di sana, traveling banget!

Yaudah sih gitu aja, kali ini pendek aja :p Jadi intinya aing mau kasih tau, sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu rukun saat melakukan ibadah traveling itu adalah makan makanan yang belum pernah lo makan. Nah jadi lo bisa seakan-akan ‘traveling’ tapi sebenarnya lo lagi ga traveling, kayak yang aing lakuin tadi, got my point?

2012

December 30, 2012 § Leave a comment

Hari ini Minggu, 30 Desember 2012, lusa Insyaallah sudah masuk tahun 2013 Masehi. Tahun yang penuh dengan peningkatan kemampuan diri, mungkin pernyataan itu yang bisa menggambarkan 2012 secara keseluruhan bagi aing, walaupun aing dalam status ‘mblo dari awal tahun sampe aing nulis ini post, beeuh tragis. Tambahan dikit, 20-an Desember 2011 berakhirlah sudah hubungan itu, berat sekali memulai tahun 2012 lalu, klo bahasa Sunda nya itu abot pisan. Life must go on, betul ternyata,  toh di akhir 2012 ini saya mengucap banyak Alhamdulillah dengan segala pencapaian di 2012. Yak dimulai saja ceritanya. Oiya sebelum membaca, saya ingatkan saya menuliskan semua ini hanya semacam pelampiasan hobi menulis, tidak ingin bersombong ria, tidak cari perhatian berharap ada seorang wanita akan tertarik dengan saya, atau apapun. Yak, here we go!

Di awal Januari dimulai dengan patah hati (masih aja diinget), eh salah dimulai dengan persiapan Cianjur Grand University Day (CGUD), inti acara ini adalah pameran kampus-kampus untuk adik-adik SMA, acara pertama perkumpulan seluruh mahasiswa asal Cianjur. Dan saya kebagian menjadi PJ Ekspo Kampus. Cukup ribet ngurusin sekian kepala dari sekian puluh universitas. Tapi saya sempat liburan sejenak loh, bertemu sahabat kecil zaman SMP di Kota Tua Jakarta, ada Afif, Intan, dan Puspita. Luar biasa, kita terakhir bertemu itu sekitar 5,5 tahun. Mau tau respon mereka dengan saya yang sudah lama tak bersua ini? Komentar Intan dan Puspita ya bisa ditebak lah, ‘eh makin ganteng aja Zan’. Hmm, lupakan, lanjut ke Februari, di awal Februari eksekusi CGUD, lega rasanya acara ini dinilai cukup berhasil.

Januari - Baru saja patah hati

Januari – Baru saja patah hati

Februari - CGUD, modus pertama

Februari – CGUD, modus pertama

Lanjut dan dimulailah persiapan Ganesha Tennis Tournament (GTT), sebuah turnamen tenis lapangan yang diadakan Unit Tenis ITB. Kali ini saya kebagian jadi Kadiv Produksi. Berasa jadi kuli, semua nyaris beres mendekati deadline, tapi Alhamdulillah semua berakhir dengan baik. Nyaris sama dengan CGUD, sebelum eksekusi GTT saya juga sempat-sempatnya liburan ke Belitung, cuma dua hari dua malam, ya lumayan menyegarkan di tengah peliknya GTT dan kehidupan seorang ‘mblo (lalu ketawa miris). Lanjut kuliah sampai akhirnya libur semester genap, akhir Mei hingga Agustus, you know lah liburnye tige bulan coi. Banyak pilihan dimulai dari jadi panitia osjur, panitia OSKM, atau ngambil SP. Sampai akhirnya aing pilih ikut beberapa kepanitian dan liburan. Sebenarnya ada ulasan khususnya, ini ni klo mau baca lagi >> Panjang banget. Jadi review dikit, aing menghabisi tiga bulan itu dengan jadi staf dokumentasi KRN Regional II, backpacking ke Singapur + Johor Bahru, lalu lanjut super backpacking ke Karimunjawa, lanjut jadi staf dokumentasi KRN Nasional, ikutan PLTMH + PLTS KKN Tematik, dan libur lebaran di Belitung (lagi). Sampai akhirnya masuk kuliah lagi, Semester LIMA!! Semester dengan harapan punya gandengan lagi, nyatanya? nope! « Read the rest of this entry »

Belitung, Pelangi anyar Indonesia

October 13, 2012 § 2 Comments

Libur lebaran kemarin sy berkesempatan menghabiskan waktu di Negeri Laskar Pelangi, Belitung. Ini kali kedua sy ke sana, sebelumnnya pada Maret 2012, cuma dua malam. Dan sekarang anda sekalian tahu berapa lama saya di sana? kurang lebih 17 hari sodara-sodara! FYI sebelumnya sy ber-KKN Tematik ria selama dua minggu dan dimulai dari sana kulit sudah mulai bereksotis ria, ditambah dua minggu di Belitung makin eksotis, bayangkan saja sy seperti Michael Jackson junior dg rambut agak lurus, hoeeeeks. Langsung saja!

spoiler, perjalanan menuju Lengkuas, cantik kali

Tidak sulit mencapai negeri ini, 50 menit penerbangan dari Soetta, Batavia melayani satu kali penerbangan tiap harinya, dan Sriwijaya dengan tiga kali penerbangan. Landing di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin anda akan disambut dengan hawa panas layaknya daratan pinggir laut. Selanjutnya untuk mencapai pusat kota sejauh belasan kilometer kita bisa menggunakan jasa travel ilegal, lupa tarifnya, klo ga salah sekitar 20 ribu rupiah saja. Oiya perlu diingat di sini kita ga bakal menemukan kendaraan umum seperti angkot, taksi, atau semacamnya, aneh ya? Oke langsung saja ke beberapa tempat menarik yang sy kunjungi, cekidot broh

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tj Pendam, di pinggir pusat kota Tj Pandan

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tj Tinggi, batu-batu besar bertaburan

Pantai Burung Mandi

Jepretan fave selama di Belitung

« Read the rest of this entry »

Karimunjawa, here comes the sun

September 24, 2012 § Leave a comment

Awal Juni lalu urang dihadapkan pada pengangguran yang cukup panjang. Terjadwal KRN 2012 dan KKN Tematik baru akan dimulai pada akhir Juni. Sampai akhirnya dapat hidayah buat umrah alias melancong ke Karimunjawa bersama keenam kerabat. Langsung saja, sempat terseok-seok karena kebanyakan kerabat tidak bisa ikut serta, akhirnya terbeli lah tiket Kramat Djati eksekutif seharga 90rb menuju Jepara dengan tanggal 24 Juni 2012. Kebodohan pertama yang kami lakukan adalah tidak mencari info cuaca, sekian jam sebelum berangkat kami dapati info bahwa ombak akan mencapai ketinggian tiga meter pada esok harinya, 25 Juni, suereeem cuk! Ya sudahlah, tiket sudah terbeli, berdoa saja semoga perjalanan ini tidak berakhir di rumah sakit atau lebih-lebih berakhir di suatu pulau terpencil dan urang jadi tarzan. Jam menunjukkan pukul 18.30, kami berangkat dari pool Bus Kramat Djati Dago, bismillah..

Karimun Indah Homestay Guests

Sampailah di Pelabuhan Jepara sekitar pukul 07.00. Perhentian terakhir seharusnya ada di Terminal Bus Jepara, namun kali ini langsung diantarkan ke Pelabuhan karena mayoritas penumpang akan melanjutkan perjalanan ke Karimunjawa. Kernetpun meminta biaya tambahan goceng perkepala (maksudnya per manusia, lebih halus lagi maksudnya per orang). Karena kami menganut kepercayaan ‘backpacker’ maka dengan sedikit lincahnya kami ‘kabur’ tanpa membayar biaya tambahan tersebut, catet! ini prinsip backpacking pasal 34 ayat 2. Lanjut beli tiket kapal ekonomi KMP Muria, 30rb, ENAM JAM PERJALANAN+MUNTAH! Okesip, ga perlu gue ceritain ngapain aje gue di kapal, intinya gue makan pop mie, muntah-muntah sampe kapal berlabuh. Untungnya ada satu partner yang ikutan muntah, ga mau kalah dia, persaingan ceritanya. Singkat cerita tiba lah kami di daratan Karimunjawa, tanya-tanya, jalan kaki sejauh 1 km ke alun-alun, dan makan di rumah makan paling terkenal seantero Karimunjawa, « Read the rest of this entry »

Doa & janji sejuta umat di awal semester

August 16, 2012 § Leave a comment

Apa salahnya berdoa, meminta kepada-Nya, apalagi momennya pas di awal semester anyar. Ribuan mahasiswa tiba-tiba ‘alim sesaat’, tiada henti meminta dilancarkan perkuliahannya satu semester ke depan. Tidak lupa janji sesama kerabat, meminta dukungan teman satu perjuangan juga dideklarasikan. Berikut beberapa cuplikan doa berikut janji sy dan teman-teman yg sering dikumandangkan:
« Read the rest of this entry »

Mande, Awak ka Singapur (part 3-beres)

July 26, 2012 § Leave a comment

Oke, dilanjut yak, bagian terakhir gan! Singkat cerita hari pun telah Subuh, bapak penghuni baru membangunkan Imre untuk Solat Subuh ke Masjid Sultan, namun sy masih antara sadar dan tak sadar, dan pastinya lanjut tidur. Bangun, jam telah menunjukan pukul 07.00 waktu SG. Orang tua itu bertanya kepada sy, kurang lebih begini, ‘Have you take a pray brother? Are you Moslem right? You must thanks to Allah, brother!’. Kaget jir rada dibentak kayak gt, aing langsung yes yes aja cabut ke kamar mandi dan solat, jogres Subuh dan Dhuha mungkin. Ya itulah sedikit cerita bermakna di pagi itu, keminoritasan Islam di sini mengajarkan sy untuk menjadi Muslim sejati, bukan hanya Muslim yg sekedar ‘gugur kewajiban’ klo udah beres solat, tanpa mementingkan jadwal solatnya. Halah halah cukup yang serius-seriusnya, yuk ah cuus. Hari ini rencananya kita check out, cabut ke Pulau Sentosa, dan brengkot ke Johor Bahru di sore hari nya. Oiya, karena udah check out berarti barang yang bejibun terpaksa dibawa, abot jir!

Check out lalu kami sarapan terlebih dahulu di sekitar Masjid Sultan, sy memesan semacam lontong kuah dan ini PORTUGAL cui, Porsi Tukang Gali, banyak bot! Lanjut, dari Stasiun MRT Bugis kami menuju Harbour Front, cukup jauh. Ternyata berhentinya di VivoCity, dilanjutkan dengan Sentosa Express menuju Pulau Sentosa. Ga masuk ke Universal Studio, ga masuk ke wahana berbayar, kita cuma masuk ke wahana yg gratis, tapi eh tapi luar biasa loh ini pulau 🙂 Setelah lelah berkeliling, kami kembali ke VivoCity dan menuju stasiun MRT untuk menuju Woodlands dan lanjut menuju Johor Bahru.
« Read the rest of this entry »

I Tell You Something

July 24, 2012 § Leave a comment

Bekas dua bulan liburan..

Old Line, @ UTM

Yes, I am The Reds! @ UTM

Waiting, @ Kartini Port, Jepara

Finish Your Project, KKN Tematik ITB 2012

Grains of Sand, I am So Tired, @ Santolo Beach

%d bloggers like this: